simulasi pedagogi dan andragogi

seminggu yang lalu,tepatnya hari jum'at yang lalu,seperti biasa kami mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan. hal yang tidak biasa terjadi saat kami diminta untuk melakukan simulasi secara berkelompok mengenai pedagogi dan andragogi. kebetulan saya mendapat anggota cellia elisabeth dan desi mariana , yah,kami adalah kelompok 3. saat simulasi,kami ada 2 settingan,yaitu settingan pedagogi dan andragogi.


*setting pedagogi: disebuah ruangan kelas,guru (saya sendiri) menjelaskan pelajaran kepada murid muridnya (desi dan cellia).  guru menjelaskan secara keseluruhan tentang materi itu,tanpa ada  masukan ataupun pendapat dan pertanyaan dari muridnya.


*setting andragogi : disuatu kelas kursus menjahit. pengajar (saya sendiri) meminta dan murid (cellia dan desi) membuat suatu pola untuk kemudian dijahit. murid diberi kebebasan untuk membuat pola,dan meminta pendapat  kepada pengajar mengenai pola yang mereka buat.


jadi,ada pebedaan antara pedagogi dan andragogi. pada pedagogi,semua kegiatan belajar mengajar berpusat pada murid,dan guru sebagai penentu apa yang diajarkan,dan apa materi yang akan diberikan. sedangkan pada andragogi,pengajar hanya berperan sebagai fasilitator. murid lebih aktif dan diminta untuk  bebas memilih apa  materi yang  mereka sukai serta disini murid sudah mandiri.


dengan adanya simulasi ini,semakin membuat saya dan kelompok paham tentang perbedaan pedagogi dan andragogi. ditambah lagi kelompok kelompok lain yang memenerikan contoh yang berbeda pula,semakin membuka pikiran saya tentang pedagogi dan andragogi. pengalaman yang luar biasa :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "simulasi pedagogi dan andragogi"

Posting Komentar